SlideShow

Zawa Hello Ramadhan
0

TERMODINAMIKA

Hukum 1 Termodinamika
Jika kalor diberikan pada sistem maka volume dan suhu akan meningkat sehingga sistem akan terlihat mengembang dan semakin panas. Jika kalor diambil dari sistem maka volume dan suhu akan turun sehingga sistem akan terlihat menyusut dan semakin dingin. Prinsip ini adalah hukum alam.
Jika sistem mangalami perubahan volume maka sistem melakukan usaha semntara jika sistem mengalami perubahan suhu maka sistem akan mengalami perubahan energi dalam. Inilah yang disebut hukum 1 termodinamika.
Q = W + U
Q adalah kalor, w usaha dan U adalah perubahan energi dalam.

1. Proses Isotermik
Proses termodinamika yang terjadi pada suhu konstan jadi tidak ada perubahan energi dalam.
Q = W
isothermal_process
2. Proses Isokhorik
Proses termodinamika yang terjadi pada volume konstan jadi tidak melakukan usaha.
QV = U
3. Proses Isobarik
Proses termodinamika yang terjadi pada tekanan konstan. Jadi usaha yang dilakukan adalah tekanan kali perubahan volume.
(W = pV)
4. Proses Adiabatik
Dalam proses ini tidak ada kalor yang masuk ataupun keluar dari sistem (Q = 0). Jadi usaha yang dilakukan oleh sistem sama dengan perubahan energi dalamnya.
(W = U).
341px-adiabaticsvg
Grafiknya hampir sama dengan proses isotermik tapi lebih curam.

Siklus Carnot
1. Proses A-B
Gas mengalami ekspansi isotermal. Tekanan pada sistem dikurangi. Selama proses ini suhu tetap namun volume bertambah. Kalor dipindahkan dari reservoir suhu panas ke gas.
2. Proses B-C
Gas mengalami ekspansi adiabatik. Dalam proses ini tidak ada kalor yang masuk maupun keluar. Tekanan pada sistem dikurangi akibatnya temperatur pada sistem akan turun dan volume akan bertambah.
3. Proses C-D
Gas mengalami kompresi isotermal. Dalam proses ini tekanan pada sistem bertambah, suhu tetap dan volume berkurang. Kalor dipindahkan dari gas ke reservoir suhu dingin.
4. Proses D-A
Gas mengalami kompresi adiabatik. Tekanan pada sistem bertambah. Tidak ada kalor yang masuk maupun keluar. Tekanan sistem meningkat dan volume turun.

0 komentar:

Posting Komentar